Rabu, 03 Oktober 2012

Materi TIK Kelas IV SD



 



Apakah Komputer itu ?
            Komputer adalah sarana alat hitung sesuai dengan artinya yaitu berasal dari bahasa Latin “computare” (to compute atau to reckon) yang artinya menghitung, dengan kata lain komputer dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang dapat menerima masukan data (input data), mengolah data, menyimpan hasil pengolahan data dan menyajikan informasi. Namun dewasa ini perkembangan teknologi yang terjadi pada dunia komputer sudah mampu menempatkan sebagai alat bantu utama bagi manusia dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Mencermati kecenderungan perkembangannya, sangatlah penting bahwa pengenalan dan pengetahuan teknologi komputer sejak usia dini menjadi salah satu prioritas untuk di pelajari oleh generasi usia pelajar tingkat dasar hingga menengah dalam rangka mengembangkan keterampilan hidup (life skill).
Dengan pengertian yang lain Komputer merupakan sekumpulan alat logic yang dapat menerima data, mengolah data dan menyimpan data dengan menggunakan program yang terdapat pada memory, dan kemudian sistem komputer memberikan hasil pengolahan tersebut dalam bentuk output (pengeluaran). Dengan kata lain, komputer juga bisa diartikan sebagai sekumpulan peralatan elektronika yang terdiri dari input unit, proses unit, dan output unit.
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.


Pengenalan Hardware
 









Hardware yang disebut juga sebagai perangkat keras komputer, terbagi menjadi 5 bagian utama, yaitu:
1.      CPU (Central Processing Unit)
§  CPU bertugas mengatur dan menghitung data.
§  CPU terletak di dalam system unit.
§  CPU merupakan “jantung” dari komputer.
§  CPU bersama dengan perangkat komputer lainnya yang ada dalam system unit mengatur kerja komputer secara bersama dan berkesinambungan.
2.      Monitor
Monitor merupakan perangkat keras yang fungsinya menampilkan informasi dan status data secara visual seperti pada televisi. Meskipun bukan pesawat televisi, monitor memiliki resolusi (ketajaman) gambar yang tinggi, sehingga memungkinkan pemakai (user) untuk membaca huruf-huruf yang berukuran kecil pada layar monitor. Monitor komputer juga mempunyai tiga jenis saat ini, yaitu CRT (Catode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display) dan Plasma.
3.      Peralatan Masukan (Input Devices)
Namun dalam hal ini, peralatan masukan sangat banyak diantaranya, yaitu :
  • Keyboard, Keyboard adalah alat input utama yang digunakan oleh semua komputer. Keyboard mempunyai semua huruf alphabet (A – Z, a - z), angka 0 – 9 dan tambahan kunci (key) operasional khusus, seperti tombol Enter, Ctrl, Alt dll. Colokan (Port) yang digunakan oleh keyboard adalah PS/2, USB dan infra red (infra merah).
  • Mouse, Mouse adalah alat input yang digunakan oleh user untuk mengatur posisi kursor pada layar monitor dengan mengklik tombol kiri atau kanan. Gerakkanlah mouse pada permukaan yang rata, maka kursor pada layar monitor akan bergerak mengikuti gerakan mouse. Secara umum mouse terhubung ke komputer melalui port PS/2, USB dan ada juga yang sudah menggunakan port infrared atau infra merah.
  • Scanner, untuk memindah gambar atau teks ke dalam komputer (dalam bentuk digital) sehingga dapat dipakai sesuai keperluan.
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
4.      Peralatan Penyimpanan (Storage Devices)
  • Ploppy Disk Drive, alat pemutar disket untuk penyimpanan dan pembacaan data (berupa gambar atau teks) dari suatu disket.
  • CD-RW / DVD-RW Drive media penyimpanan yang hanya bisa dibaca, dan yang mempunyai kapasitas (tempat) besar berbentuk cakram.
  • Ploppy Disk, biasa dikenal dengan sebutan “disket”, yaitu alat untuk menyimpan data dari komputer yang berukuran kecil (kurang dari 1.44 Mb).
  • CD Blank / DVD Blank, tempat menyimpan data yang berbentuk CD dengan kapasitas (tempat) penyimpanan yang lumayan besar.
  • Hard Disk, tempat menyimpan data di dalam komputer dengan kapasitas (tempat) memori yang besar dan berkecepatan tinggi.
5.      Peralatan Keluaran (Output Devices)
  • Printer, alat untuk mencetak sebuah karya baik berupa teks maupun gambar. Printer ada 3 macam yaitu :
ü  Printer Dot Matrix, printer dengan tusukan pin ke pita.
ü  Printer Ink-Jet, printer dengan butir-butir kecil tinta.
ü  Printer Laser, printer dengan laser serta bubuk tinta (toner), kualitas pencetakan yang baik, berkecepatan tinggi, dan harganya pun relatif mahal.
  • Speaker, untuk mengeluarkan suara (audio), biasanya sepasang ada 2 (dua) buah speaker (left and right).

Namun ada juga yang mengatakan bahwa perangkat keras komputer dapat di simpulkan menjadi 3 bagian utama, yaitu:
1.      Input Unit.
2.      Processing Unit atau CPU.
3.      Output Unit.
§  Input Unit.
Merupakan bagian dari hardware komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data ke dalam komputer. Input device ini sangat sering kita temui, antara lain keyboard, mouse, Scanner, dan lain sebagainya.

§  Processing Unit atau CPU.
Merupakan jantung dari komputer yang melakukan pekerjaan utama seperti perhitungan logika, kontrol, serta penyimpanan. Perangkat utamanya berupa Processor dan Chip yang terdapat pada Motherboard.
§  Output Unit.
Adalah hardware yang mempunyai fungsi untuk menyajikan hasil output dari proses pada komputer. Bentuk dari peralatan output ini antara lain speaker, printer, projector,  dll.
Hubungan antara Hardware, Software dan Brainware
Mengapa kamu dapat menggunakan komputer untuk mengerjakan sesuatu? Karena ada komputer yang dapat digunakan untuk menggambar atau mengetik.
Pada materi sebelumnya kita sudah mengetahui apa yang sebenarnya komputer itu?, hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoprasikan program analisis ilmiah, simulasi, dan untuk kontrol peralatan.
Software adalah sebuah perangkat lunak yang terdiri atas kumpulan program-program mengolah data yang bermacam-macam jenisnya diantaranya adalah berbentuk teks, gambar dan lain-lain. Dengan adanya hardware dan software, komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna. Setelah kamu mengetahui bahwa komputer sudah dapat digunakan, siapakah yang menggunakan komputer ? Orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer disebut brainware.
Beberapa orang yang ahli dapat mengembangkan kemampuan komputer biasa menjadi alat pengontrol peralatan mesin perindustrian atau peralatan rumah tangga. Dengan menambah rangkaian elektonika buatannya, komputer dapat dipergunakan untuk mengendalikan peralatan-peralatan industri. Bahkan dapat digunakan untuk membuat robot kecil yang berguna dalam misi ruang angkasa.
Dengan demikian, ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Booting
Booting adalah proses mengaktifkan sistem komputer sampai komputer siap untuk digunakan user untuk menjalankan perintah. Ada dua jenis booting, yaitu cold booting dan warm booting.
  1. Cold Booting
Adalah proses mengaktifkan sistem komputer untuk pertama kalinya dari keadaan listrik mati, dengan cara menekan tombol Power yang ada pada CPU.
  1. Warm Booting
Adalah mengaktifkan sistem komputer dalam keadaan masih hidup (on) dengan cara menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, atau dengan menekan tombol Reset yang ada pada CPU.


 



I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban yang paling benar pada lembar jawaban..!!
1.      Kata “Komputer” dalam bahasa Latin adalah ....
      a. Compiuter             b. Computer                c. Computare            d. Camputer
2.      Kata “Komputer” dalam bahasa Inggris adalah ....
a. Compiuter             b. Computer                c. Computare            d. Camputer
3.      Pada awal mula komputer dibentuk oleh seoarang profesor matematika Inggris, Charles Babbage, yaitu pada tahun …..
       a. 1791-1871              b. 1795-1875                 c. 1800-1880               d. 1891-1971
4.      Suatu Perangkat Komputer terdiri dari ....
a. 4 bagian utama     b. 5 bagian utama       c. 6 bagian utama     d. 7 bagian utama
5.      Apa yang dimaksud dengan Hardware ....
a. Perangkat Keras   b. Perangkat Lunak   c. Brainware              d. Software
6.      Apa yang dimaksud dengan Software ....
a. Perangkat Keras   b. Perangkat Lunak   c. Brainware              d. Hardware
7.      Orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer disebut ....
a. Pasien                    b. Software                  c. Brainware              d. Hardware
8.      Kepanjangan dari CPU adalah ....
a. Computer Pentium Unit                           c. Central Pentium Unit
b. Computer Prossesing Unit                       d. Central Prossesing Unit
9.      Printer termasuk bagian dari ....
a. Peralatan keluaran                                     c. Peralatan penyimpanan
b. Peralatan masukkan                                  d. Peralatan rumah tangga
10.  Proses mengaktifkan sistem komputer untuk pertama kalinya dari keadaan listrik mati, dengan cara menekan tombol Power yang ada pada CPU. Pernyataan tersebut adalah pengertian dari …..
      a. Booting                  b. Cold Booting          c. Warm Booting      d. Reset
II.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan teliti dan benar pada lembar jawaban yang telah disediakan..!!
11.  Floppy Disk biasa dikenal dengan sebutan …..
12.  Ada berapakah macam-macam printer …..
13.  Arti dari Storage Devices adalah …..
14.  Keyboard dan Mouse merupakan kategori peralatan …..
15.  Menurut anda kenapa hardware, software dan brainware mempunyai hubungan yang erat ? Jelaskan !


** Selamat mengerjakan… **
INGAT à Saat mengerjakan soal tidak boleh merepotkan teman anda..!!
 




Sistem operasi atau operating system merupakan software yang berfungsi uintuk mengeksekusi komputer agar dapat menerima perintah-perintah dasar yang diberikan sebagai masukan. Sistem operasi juga memiliki peran menjembatani komunikasi antara Brainware dengan Hardware. Tanpa sistem operasi, sebuah komputer tidak akan berguna. Contoh sistem operasi yang digunakan saat ini adalah Windows, Linux, Unix, OS/2, Machintosh, BeOS, dan lain sebagainya. Dalam kesempatan ini sistem operasi yang akan dibahas adalah Windows.

Sistem Operasi Windows
Sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang paling umum digunakan di Indonesia pada saat ini. Windows diluncurkan oleh Microsoft Company pimpinan Bill Gates. Saat ini sudah banyak versi dari Windows, dari Windows ’95 sampai Windows XP Service Pack 2.
                                                                                






                                                                                





Gambar  Desktop Windows XP
v  Start Menu
Secara default Windows, tombol start menu terletak di pojok kiri bawah desktop Windows dilengkapi sebuah logo Windows. Dengan mengklik tombol ini, user bisa memulai program yang telah terinstall di Windows.

v  Mengenal Windows Explorer
Windows Explorer adalah sebuah fasilitas di Windows yang menjadi jembatan antara brainware (user) dengan berbagai file, dokumen, serta isi yang ada pada harddisk sebuah komputer. Dengan Windows Explorer, kita bisa mengeksplorasi semua isi file-file pada komputer.
Windows Explorer ini digunakan untuk mengelola file dan folder sehingga kamu dapat membuat folder dan menggunakan file-file dengan mudah. Windows Explorer yaitu suatu software aplikasi yang ada dalam Sistem Operasi Windows, dimana ketika Sistem Operasi Windows sudah ter-install pada suatu komputer maka Windows Explorer sudah pasti ada di dalamnya, jadi kita tidak perlu pusing-pusing mencari software Windows Explorer karena sudah ada pada bawaannya Sistem Operasi Windows.
Oleh karena itu coba kita perhatikan pada gambar di bawah ini :
 











Untuk mengaktifkan Windows Explorer, dapat dilakukan dengan 4 (empat) cara, diantaranya adalah :
1.      Klik kiri 2 kali pada ikon Windows Explorer.
2.      Klik start, pilih program, klik sub program Windows Explorer seperti terlihat pada gambar di bawah ini ;


 















3.      Klik kanan pada start, pilih Explorer seperti pada gambar berikut ;


 


















4.      Cara yang terakhir ini adalah cara yang paling praktis, yaitu ; Tekan tombol windows + E pada keyboard.

v  Mengenal File dan Folder
File adalah unit penyimpanan dasar dalam sebuah komputer. Sebuah file memungkinkan sistem operasi windows memisahkan sekumpulan informasi yang satu dengan yang lain. Sebagai contoh ketika menggunakan pengolah kata untuk menulis surat, kamu akan menyimpan file surat tersebut ke dalam sebuah nama dan jenis yang unik. Pada saat menggunakan pengolah gambar, kamu akan menyimpan file gambar dalam sebuah jenis file unik yang berbeda. Kumpulan dari file-file itu disebut folder.
Folder di sini dapat dibayangkan sebagai sebuah map yang isinya terdapat berbagai file atau dokumen. Kita bisa menyimpan berbagai file atau dokumen kita ke dalam folder-folder sesuai keinginan kita.
Perhatikan pada gambar Windows explorer di bawah ini ;
 












Penjelasan Gambar di atas ;
Jenis kumpulan-kumpulan folder dimana fungsinya yaitu untuk menampung semua jenis file dan berapapun jumlah file folder itu pasti bisa menampungnya.

Jenis-jenis tipe file yang ada pada komputer diantaranya adalah *.dat, *.avi, *.doc, *.dll, *.ini, *.jpg, *.bmp dan lain-lainnya masih banyak lagi tipe file yang belum bisa disebutkan disini. Yang pasti setiap tipe file fungsinya berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya nanti kita pertemuan berikutnya bisa langsung dilihat di komputer pada saat jam praktikum.

v  Membuat folder baru (New)
Langkah-langkah membuat folder :
1.      buka Windows Explorer
2.      pilih Desktop à My Documents, atau Drive yang terdapat di My Computer, di mana akan dibuatkan folder
3.      klik menu File à New à Folder
4.      beri nama folder tersebut sesuai keinginan

v  Mengganti nama folder (Rename)
1.      klik kanan di folder yang ingin diubah namanya.
2.      sorot dan klik Rename
3.      beri nama baru pada folder, lalu tekan Enter.

v  Properties pada folder
Properties pada folder berguna untuk melihat tipe folder, lokasi, ukuran file, status folder, juga bisa digunakan untuk sharing atau berbagi data dengan komputer lain melalui jaringan, serta kegunaan lainnya.
Untuk masuk ke properties pada sebuah folder, klik kanan pada folder tersebut lalu sorot dan klik Properties.

v  Delete folder
Fasilitas ini digunakan untuk menghapus atau men-delete sebuah folder. Caranya sangat mudah, klik kanan pada folder yang ingin dihapus, lalu pilih Delete dan pilih Yes pada kotak dialog konfirmasi. Atau dengan klik pada folder lalu tekan tombol Delete pada keyboard.


v  Search / Find
Ada saatnya pada saat kita ingin bekerja pada suatu file atau direktori, kita lupa di mana kita menyimpan file atau direktori tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Windows menyediakan fasilitas Search (pada Windows XP) atau Find (pada Windows ’98).
Adapun langkah-langkah untuk memulai menu ini adalah :
§  Klik pada tombol Start.
§  Sorotlah menu Search atau Find.
§  Sorotlah Files or Folders.
§  Tekan Enter. Sebuah kotak dialog akan muncul. Isilah kriteria-kriteria file atau direktori yang diinginkan.

v  Running program via Start Menu
Cara memulai program melalui Start Menu adalah sebagai berikut :
§  Klik kiri pada tombol Start .
§  Sorot pada Programs yang akan diikuti oleh munculnya Program Menu.
§  Jika Anda melihat ada tanda panah, artinya pada bagian itu terdapat menu bagian. Carilah program yang ingin Anda jalankan dan klik pada program tersebut 2 kali untuk memulainya.

v  Running program via shortcut.
Sebelum bisa memulai running via shortcut, kita harus membuat shortcut program terlebih dahulu pada desktop. Desktop shortcut dilambangkan dengan sebuah icon yang merupakan file kecil yang mewakili sebuah program, file, direktori, dokumen, atau alamat internet yang terdapat di desktop atau layer komputer.
Ada beberapa cara untuk membuat shortcut :
  1. Cara pertama
§  Klik pada Start dan temukan item atau program yang ingin Anda buat shortcutnya.
§  Klik kanan pada item tersebut tanpa melepasnya dan bawa item tersebut ke desktop Anda (drag).

  1. Cara kedua
§  Bukalah Windows Explorer.
§  Temukan item yang ingin Anda buat shortcutnya.
§  Klik kanan item tersebut, lalu sorot Send To.
§  Klik pada Desktop (created Shortcut).
Setelah membuat shortcut, maka langkah selanjutnya untuk menjalankan program adalah dengan mengklik kiri 2 kali pada shortcut tersebut.

v  Running program via Run Menu
  • Klik pada tombol Start
  • Sorot menu Run
  • Pada kotak dialog ketikkan nama program yang ingin dijalankan, cara mengetikkannya harus sesuai dengan alamat path program itu berada. Biar lebih enak kita bisa klik tombol Browse kemudian kita cari program yang akan kita jalankan, setelah itu baru klik tombol OK.



 



I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban yang paling benar pada lembar jawaban..!!
1.      Tempat kumpulan dari file-file pada komputer disebut ....
a. System                   b. Folder                      c. Shortcut                  d. Icon
2.      Gambar disamping merupakan gambar ....
      a. File                          b. Folder                      c. Shortcut                  d. Icon
3.      Gambar disamping merupakan gambar ….
a. File word               b. Folder word            c. Shortcut word       d. Icon word
4.                                                                            lihat gambar disamping, jika meng-klik kiri dua kali pada ikon windows Explorer yang ada di dekstop, maka ....
a. Windows Explorer terbuka
b. Windows Explorer tertutup
c. Windows Explorer tersembunyi
d. Windows Explorer tidak merespon sama sekali
5.      Maksud dari Delete adalah .....
a. Menutup               b. Membuka                c. Menghapus                       d. Menggandakan
6.      Windows diluncurkan oleh Microsoft Company yang dipimpinan oleh …..
          a. Charles                  b. Bill Gates                  c. Babbage                 d. Augusta
7.      Ada berapa carakah untuk mengaktifkan Windows Explorer …..
          a. 2 cara                     b. 3 cara                         c. 4 cara                      d. 5 cara
8.      Maksud dari Search / Find adalah …..
          a. Mencari                 b. Melihat                     c. Mengganti             d. Membuka


9.      Maksud dari Rename adalah ….
          a. Mencari                 b. Melihat                     c. Mengganti             d. Membuka
10.  Agar bisa melihat tipe , lokasi, ukuran dan status file maupun folder melalui ….
          a. Search                    b. Find                           c. Properties              d. Browse
II.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan teliti dan benar pada lembar jawaban yang telah disediakan..!!
11.  Maksud dari Running Program adalah …..
12.  Windows yang pertama kali adalah Windows …..
13.  Folder adalah tempat kumpulan …..
14.  Menurut anda bisakah di dalam folder ada folder ? Jelaskan !
15.  Jelaskan apa perbedaannya file dan folder ?


Tugas praktikum 2.1
Buatlah sebuah folder pribadi Anda di drive D:\ dengan nama folder menggunakan nomor induk siswa Anda..!


** Selamat mengerjakan… **
INGAT à Saat mengerjakan soal tidak boleh merepotkan teman anda..!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Nama:
Email:
Komentar: