1.
Pengertian
Shalat tarawih adalah shalat sunat
dengan niat tertentu yang dikerjakan pada setiap malam Bulan Rahamadhan setelah
shalat isya’. Hukum shalat tarawih adalah sunah ‘ainiyah Muakkadah baik bagi
laki-laki amaupun perempuan yang mukallaf.
Dalam tradisi NU shalat tarawih 20
roka’at ini dikerjakan dengan dua roka’at salam, hal ini berdasarkan hadist
Nabi tentang tata cara melaksanakan shalat malam. Nabi SAW bersabda :
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. عَنْ صَلَاةِ الَّليْلِ
فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى )رواه البخارى,٩٣٦ ومسلم, ١٢٣٩ والترمذى
١٠٤, والنسائ,١٦٥٩,وابو
داود,١١٣,وابن ماجه,١١٦٥(
Dari Ibnu Umar ” Seorang laki-laki
bertanya kepada Rasulullah tentang shalat malam. Mereka Nabi menjawab, “ Shalat
malam itu ada dua rakaat-dua rakaat” (HR al-Bukhari : 936, Muslim : 1239,
al-Tirmidzi : 401, al-Nasa’I :1650, Abu Dawud :1130 dan Ibnu Majah : 1165).
2.
Dalil
Tarawih 20 Raka’at Di antara Dalil yang di gunakan Hujjah oleh orang NU
dalam menjalankan tarawih 20 Raka’at yaitu : Pertama Hadist Imam Malik dari
Sohabat Yasid bin Rumman.
عَنْ
مَالِكٍ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ رُمَّانَ اَنَّهُ قَالَ: كَانَ النَّاسُ يَقُوْمُوْنَ
فِىْ زَمَنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ بِثَلَاثِ وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً.( رواه
الامام مالك فى الموطأ(.
“Dari Malik, dari Yazid bin Rumman,
ia mengatakan : Orang-orang mengerjakan (salat Tarawih) pada zaman Umar bin
Khathbab sebanyak 23 rakaat”. (HR Imam Malik, dalam kitab al-Muwatha, Juz I
hlm. 138)
Kedua Hadist riwayat al-Baihaqi dari
sahabat saib bin Yazid dalam kitab Al-Hawy li Al Fatawa li As Suyuthy, Juz I
hlm. 350, juga kitab fath al-wahhab Juz I, hlm. 58.
وَمَذْهَبُنَا
اَنَّ التَّرَاوِيْحَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً لِمَا رَوَى اْلبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُ
باِلْاِسْنَادِ الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ الصَّحَابِيِّ رَضِيَ
للهُ عَنْهُ قَالَ: كُنَّا نَقُوْمُ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَاْلوِتْرِ _ هَكَذَا ذَكَرَهُ اْلمُصَنِّفِ وَاسْتُدِلَّ
بِهِ.
Madzbab kita (Syafi’iyah) menyatakan : salat Taawih itu dijalankan 20
rakaat. Ini berdasarkan pada hadist nabi
yang diriwayatkan Imam Baihaqi dengan sanad shabih, dari Saib bin Yasid, ia
mengatakan : kita mengerjakan salat Tarawih pada masa Umar bin Khathhab dengan
20 akaat ditambah Witir.
Ketiga, pendapat Jumhur fiqih yang
terdapat dalam kitab fiqih as-Sunah, Juz II. Hlm. 45
وَصَحَّ
النَّاسُ كَانُوْا يُصَلُّوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيِّ
عِشْرِيْنَ رَكْعَةً. وَهُوَ رَأْىُ الْجُمْهُوْرِ الْفُقَهَاءِ.
Betul bahwa kaum muslimin
mengerjakan salat pada zaman Umar, Utsman, dan Ali sebanyak 20 rakaat, dan ini
pendapat sebagian mayoritas pakar-pakar hokum Islam.
Dalil keempat, dalam kitab Taudbib
al-Adillah, Juz III, hlm. 171.
عَنْ
اِبْنِ عَبَسَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّى فِىْ شَهْرِ رَمَضَانَ فِىْ غَيْرِ جَمَاعَةٍ
عِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَاْلوِتْرِ.رواه البيهقى والطبرنى عن عبد بن حمد.
Ibnu Abbas mengatakan : Rasul salat
di bulan Ramadhan sendirian sebanyak 20 rakaat ditambah Witir (HR Baihaqi dan
Thabrani, dari Abd bin Humaid)
Dalil kelima, dalam kitab Hamisy
Muhibbah, Jus II, hlm. 446-467.
وَفِىْ
تَخْرِيْجِ أَحَادِيْثَ الرَّافِعِيْ لِلْاِمَامِ اْلحَاِفظْ اِبْنِ حَجَرَ مَا
نَصَّهُ حَدِيْثُ اَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّ بِالنَّاسِ
عِشْرِيْنَ رَكْعَةً لَيْلَتَيْنِ فَلَمَّا كَانَ فِىْ لَيْلَةِ الثَّالِثَةِ
اجْتَمَعَ النَّاسُ فَلَمَّا يَخْرُجَ اِلَيْهِمْ ثُمَّ قَالَ مِنَ الْغَدِّ
خَشِيْتُ اَنْ تَفْرُضَ عَلَيْكُمْ فَلَا تُتِيْقُوْنَهَا. متفق على صحته من حديث
عائسة رضي الله عنها دون عدد الركعات.
Ada komentarnya Imam Rafi’I
untuk hadist riwayat Imam Ibnu hajar tentang teks hadist Rasul salat bersama
kaum muslimin sebanyak 20 rakaat di malam Ramadhan. Ketika tiba di malam
ketiga, orang-orang berkumpul, namun Rasulullah tidak keluar. Kemudian, paginya
dia bersabda, Aku takut Tarawih diwajibkan atas kalian, dan kalian tidak mampu
melaksanakannya. Hadist ini disepakati kesabibannya, tanpa mengesampingkan
hadist yang diriwayatkan Aisyah yang tidak menyebut rakaatnya.
Sedangkan salat Tarawih berjama’ah hukumnya sunat ainiyah, memurut ulama
khanafiyah hukumnya sunat kifayah. Dalil
ini bedasarkan hadist Abu Durahman bin Abdul Qari dalam kitab shaih al-Buhkari.
عَنْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ الْقَارِيِّ اَنَّهُ قَالَ خَرَجْتُ مَعَ عُمَرَ
بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ لَيْلَةٌ فِىْ رَمَضَانَ اِلَى اْلمَسْجِدِ
فَاِذَا النَّاسُ اَوْزَاعٌ مُتَفَرَّقُوْنَ يُصَلِّ الرَّجُلُ لِنَفْسِهِ
وَيُصَلِّ الرَّجُلُ فَيُصَلِّ بِصَلَاتِهِ الرَّهْطُ فَقَالَ عُمَرُ اِنِّي اَرَى
لَوْ جَمَعْتُ هَؤُلَاءِ عَلَى قَارِئٍ وَاحِدٍ لَكَانَ اَمْثَلَ ثُمَّ عَزَمَ
فَجَمَعَهُمْ عَلَى أُبَيَّ بْنِ كَعْبٍ ثُمَّ خّرَجَتْ مَعَهُ لَيْلَةً أُخْرَى
وَالنَّاسُ يُصَلُّوْنَ بِصَلَاةِ قَارِئِهِمْ قَالَ عُمَرَ نِعْمَ البِدْعَةُ
هَذِهِ. (رواه البخاري, ١٨١٧(
“Diriwayatkan dari Abdurrohman bin
Abd al-Qori, beliau berkata, “Saya keluar bersama Sayyidina Umar bin al-Khabtbab
ke masjid pada bulan Ramadhan. (Didapati dalam mesjid tersebut) orang-orang
shalat tarawih sendiri-sendiri. Ada yang shalat sendiri-sendiri dan ada yang
shalat dengan berjama’ah ”. Lalu Sayyidina Umar berkata, “Saya punya pendapat
andaikata mereka aku kumpulkan dalam jama’ah dengan satu imam, niscaya itu
lebih bagus”. Lalu beliau mengumpulkan mereka dengan seorang imam, yakni
sahabat Ubay bin Ka’ab. Kemudian satu malam berikutnya, kami dating lagi ke
masjid. Orang-orang sudah melaksanakan satu imam. Umar berkata, “
Sebaik-baiknya bid’ab adalah ini. (Shalat tarawih dengan berjama’ah)”. (HR
al-Bukhari :1871).
Dalam tradisi NU, di dalam melaksanakan shalat tarawih berjama’ah biasanya
bilal membacaصاوا
سنة ا لر ا و ى yang dibaca pada waktu akan melakukan
jama’ah shalat tarawih. Hal ini berdasarkan dalil dalam
kitab Al-Qolyubi Juz, I hlm. 125.
وَيُقَالُ فِى اْلعِيْدِ وَنَحْوِهِ)
مِمَّا تُشْرَعُ فِيْهِ الْجَمَاعَةُ كَاالْكُسُوْفِ وَالْاِسْتِسْقَاءِ
وَالتَّرَاوِيْحِ (اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً) لِوُرُوْدِ فِيْ حَدِيْثِ الشَّيْخَيْنِ
فِى اْلكُسُوْفِ وَيُقَاسُ بِهِ وَنَحْوِهِ (اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً) وَمِثْلُهُ
“هَلُمُّوْا اِلَى الصَّلَاةِ اَوِالْفَلَاحِ اَوِالصَّلَاةِ يَرْحَمُكُمُ اللهُ وَنَحْوُ
ذَلِكَ.ھ
“Di dalam shalat ied dan shalat-shalat yang disyariatkan dilaksanakan
secara berjama’ah (seperti shalat khusuf, shalat istisqo dan shalat tarawih )di
sunahkan membaca الصلاة
جامعة dan bacaan semisalnya seperti هلموا الى الصلاة
atau هلموا الى الفلاح يرحمكم الله
dan lain sebagainya.
Hal ini berdasarkan hadist Bukhari
Muslim tentang shalat kusuf, adapun yang lainnya di kias-kiaskan”. Kaitannya
dengan hadist Riwayat Al Bukhari yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah RA
عَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ مَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلَافِى غَيْرِهِ عَلَى اِحْدَى
عَشْرَةَ رَكْعَةً (رواه البخارى,١٠٧٩)
“Dari Sayyidatuna Aisyah-Radbiyallohu’anba, ia berkata ,”Rosululloh ……
tidak pernah menambah shalat malam pada bulan Ramadhan atau bulan lain melebihi
sebelas rekaat”.(HR. al-Bukhari,1079) Hadist diatas sering dijadikan dalil
shalat tarawih 11 rakaat.
Namun menurut keterangan dalam Kitab Tuhfah al-Muhtaj, Juz 11, hal 229 yang
mengutip pendapat Ibnu Hajar A-Haitami(seorang Ulama ahlussunah) meengatakan
bahwa hadist tersebut bukanlah dalil salah tarawih 11 rakaat melainkan dalil
shalat witir. Sebab berdasarkan kebanyakan riwayat
disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat witir dan bilangan
maksimalnya adalah sebelas rakaat. Dalam Kitab Kasyfu At-tabarih dikatakan
وَلمَاَّ
كَانَتْ تِلْكَ اْلَاحَادِيْثُ مُتَعَارِضَةٌ وَمُحْتَلِمَةٌ لِلتَّأْوِيْلِ لَمْ
تَقُمْ بِهَا الْحُجَّةُ فِى اِثْبَاتِ رَكَعَاتِ التَّرَاوِيْحِ لِتَسَاقُطِهَا
فَعَدَّ لْنَا عَنِ اسْتِدْلَالِ بِهَا اِلَى الدَّلِيْلِ اْلقَاطِعِ وَهُوَ
اْلاِجْمَاعُ وَهُوَ اِجْمَاعُ اْلمُسْلِمِيْنَ فِى زَمَنِ عُمَرَ بْنِ
اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَلَى فِعْلِهَا عِشْرِيْنَ رَكْعَةً رَوَاهُ
الْبَيْهَقِى بِااسْنَادِ الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ قَالَ كَانُوْا يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرُ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً اھ كشف التاريح ص ١٣
“Karena dalil-dalil tentang bilangan
shalat rakaat shalat tarawih saling berlawanan dan memungkinkan adanya ta’wil
maka tidak memungkinkan untuk dijadikan hijjah dalam menetapkan rakaat shalat tarawih
karena dalil-dalil tersebut saling menjatuhkan maka dari itu kami tidak
mengambil dalil dari hadist-hadist tersebut melainkan menggunakan dalil yang
Qot’I yaitu ijma’ kebanyakan orang islam ( dilaman Sayyidina Umar RA ) yang
melaksanakan shalat tarawih 20 rakaat berdasarkan hadist riwayat Baihaqi dari
sahabat As-saib bin Yazid RA dengan isnad yang shahih, saib mengatakan : Mereka
(orang-orang muslim) mengerjakan shalat tarawih 20 rakaat pada bulan Ramadan di
zaman Khalifah Umar RA” Lebih lanjut dalam kitab Kasyfu at-tabarih dikatakan.
وَاِذَا
كَانَ اْلاَمْرُ كَذَلِكَ عَلِمْنَا اَنَّ اللَّذِيْنَ صَلُّوْا التَّرَاوِيْحَ
الْيَوْمَ ثَمَانَ رَكَعَاتٍ مُخَلِّفُوْنَ لِلْاِجْمَاعِ اِنْ كَانَ فِى اَمْرٍ
مَعْلُوْمٍ مِنَ الدِّيْنِ بِاالضَّرُوْرَةِ فَهُوَ كَافِرٌ وَاِلَّا فَهُوَ
فَاسِقٌ وَهُمْ مُخَالِفُوْا أَيْضًا لِسُنَّةِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ
وَمَنْ خَالَفَ سُنَّةَ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ فَقَدْ خَالَفَ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ غَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِاَنَّهُ قَالَ فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ
وَسُنَّةِ خُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اْلمَهْدِيِّيْنَ مِنْ بَعْدِيْ (رواه ابو
داود والترميذ اھ كشف التاريح ص ١٤)
“Dan jika perfmasalahannya seperti itu (dalil yang Qot’I adalah dalil ijma
yang membenarkan bilangan rakaat tarawih 20 rakaat) maka dapat kita ketaahui
bahwa mereka yang melaksanakan shalat tarawih 8 rakaat adalah bertentangan
dengan ijma dan orang yang menngingkari ijma tentang permasalahan yang sudah
pasti dalam agama adalah kafir atau fasik dan merfeka juga berftentangan dengan
sunah khulafaur Rosyiidin dan orang yang bertentangan dengan khulafaur Roysidin
Juga bertentangan dengan Nabi SAW, karena ia boleh bersabda “ Berpegang
teguhlah kamu sekalian dengan sunatku dan dengan sunat Khulafaur Rosyidin yang
memberi petunjuk sesudahku (HR. Abu
Daud dan At-tirmidi)
sumber : http://ktb-piss.blogspot.co.id/2011/08/20-rakaat-sholat-tarawih.html
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: SHALAT TARAWIH 20 RAKAAT
Ditulis Oleh Unknown
Jika mengutip harap berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel SHALAT TARAWIH 20 RAKAAT ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatian anda
Judul: SHALAT TARAWIH 20 RAKAAT
Ditulis Oleh Unknown
Jika mengutip harap berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel SHALAT TARAWIH 20 RAKAAT ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatian anda
No comments:
Post a Comment